Pages

Subscribe:

Kamis, 13 September 2012

Waspadai Ulkus Diabetes Melitus



Penyakit diabetes seringkali diidentikkan dengan ulkus diabetes melitus. Hal ini karena umumnya penderita penyakit gula darah tersebut mengalami ulkus atau luka diabetes melitus. Luka yang dialami penderita tersebut sebenarnya berawal dari luka ringan yang dapat segera sembuh jika dilakukan perawatan yang tepat. Namun seringkali luka yang dialami tidak dapat disembuhkan karena penderita tidak menyadari hadirnya luka tersebut. Karenanya akan lebih baik jika penderita mulai mewaspadai terjadinya luka pada anggota tubuhnya, khususnya bagian kaki yang seringkali terabaikan kebersihan maupun perawatannya.

Mungkin sebagian dari anda akan bertanya mengapa perlu sekali mewaspadai luka yang timbul. Perlu diingat bahwa ketika luka yang awalnya ringan berkembang menjadi ulkus, maka resiko amputasi akan semakin meningkat. Tentunya anda tidak menginginkan jika hal tersebut sampai terjadi. Oleh karena itu, kewaspadaan perlu ditingkatkan agar jika terbentuk luka dapat segera mendapat perawatan yang tepat. Dengan cara ini, luka yang terbentuk tidak akan berkembang menjadi ulkus atau gangren.

Rajin Olahraga Dapat Mengurangi Resiko Mengalami Ulkus Diabetes

Luka yang dialami penderita kencing manis memang seringkali tidak bisa dicegah. Selanjutnya luka tersebut dapat berkembang menjadi ulkus ketika perawatan tidak dilakukan dengan tepat. Apalagi ketika kehadiran luka yang awalnya ringan tersebut tidak disadari oleh penderita. Lalu bagaimana agar penderita dapat terhindar dari ulkus diabetes? Ternyata caranya cukup mudah, yaitu dengan rajin berolahraga.

Meski demikian, perlu diperhatikan pemilihan jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisik penderita. Sangat disarankan untuk memilih senam khusus penderita kencing manis yang memiliki gerakan tidak terlalu cepat namun tetap dapat memberikan manfaat positif, khususnya dalam hal menjaga keseimbangan gula darah. Ketika keseimbangan gula darah tercapai, maka nantinya akan dapat mengurangi resiko ulkus atau gangren tersebut sehingga resiko amputasi pun dapat dikurangi.

Gunakan Alas Kaki

Selain berolahraga, penggunaan alas kaki yang tepat juga perlu dipertimbangkan. Apalagi mengingat penderita biasanya tidak menyadari terbentuknya luka di salah satu anggota tubuhnya, khususnya kaki. Dengan penggunaan alas kaki tersebut, maka diharapkan akan dapat menjaga bagian kaki penderita sehingga tidak mudah terjadi luka. Meski demikian, jika alas kaki yang digunakan tidak tepat, maka hanya akan semakin meningkatkan resiko terbentuknya luka tersebut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih alas kaki yang nyaman agar kaki anda tidak rentan terhadap luka. Untuk informasi lebih lanjut yang berhubungan dengan ulkus diabetes maupun yang berhubungan dengan penyakit diabetes itu sendiri, silahkan anda klik di sini.

1 komentar:

Wilson Gold mengatakan...

It looks interesting thanks for sharing.I-Shine (London) is the UK’s leading Distributor and Wholesaler of Genuine and Replacement Mobile Phone Accessories and Parts and Computer Accessories
You can also Check Some wholesale iPhone Parts uk and
wholesale Mobile Phone Accessories uk, wholesale iphone accessories suppliers and wholesale phone chargers

Posting Komentar